Pengantar.

Setelah mengalami beberapa kejadian yang unik, minggu lalu saya terpikir untuk membuat tulisan pendek secara berkala tentang “Fotografi di Mata Saya”, tentang hobby yang telah saya jalani sejak saya masih di SMP ini, di Facebook. Untuk apa ? Untuk berbagi. Saya merasa sayang sekali bila pengalaman dan pengetahuan yang sudah saya alami hanya saya simpan sendiri, dan tidak bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang juga menggemari fotografi, sebagai hobby pribadi. Bukan untuk menggurui, hanya untuk berbagi. Untuk itu saya berencana meluangkan waktu untuk menulis, dan tulisan ini merupakan yang pertama. Rencananya saya akan memposting minimal sebuah tulisan setiap minggu di FB. Harapan saya tulisan sederhana ini bisa memberikan manfaat bagi teman yang belum mengetahuinya, ataupun bagi calon teman baru saya nantinya. Terima kasih.

APA YANG KAU CARI MELALUI FOTOGRAFI ?
Bagian Pertama.

Pada waktu saya masih di SMP, saya selalu terkesan oleh foto-foto yang dimuat di koran Kompas Minggu dalam rubrik Fotografi. Foto-foto yang menurut saya indah sekali. Nama fotografernya dicantumkan di bawah foto, dan ada tambahan singkatan2 di belakang namanya yang saya tidak ketahui artinya pada waktu itu. Tapi yang pasti, keren. Dalam hati kecil saya berkata, saya juga ingin foto saya dimuat di harian Kompas, atau koran lain. Dan itu menjadi pemicu yang kuat bagi saya untuk menciptakan foto-foto yang indah dan bisa diapresiasi oleh orang banyak karena dimuat dalam sebuah koran atau majalah.Jadi, apa yang saya cari melalui Fotografi ?

Pada awalnya, adalah agar foto saya dimuat di koran atau majalah. Karena keren.Walaupun berbeda jaman, saya bisa mengerti dan ikut merasakan kegembiraan dan kebanggaan teman-teman fotografer yang fotonya dimuat di Harian Kompas setiap Selasa sebagai Foto Pekan Ini dalam rubrik Fotografi yang diasuh oleh teman saya Arbain Rambey.“Dengan menyadari apa yang kita cari melalui hobby fotografi kita, maka kita akan lebih menikmati kegembiraan dan motivasi dalam proses penciptaan fotonya.

”Keterangan foto:

Foto ini dimuat di Harian Pikiran Rakyat Bandung pada saat saya masih kuliah di Bandung. Pengasuh rubrik fotografi di Harian Pikiran Rakyat Bandung adalah almarhum dr. A. Kamarga, salah seorang senior di perkumpulan foto PAF Bandung. PAF Bandung adalah perhimpunan foto tertua di Indonesia di mana saya menjadi anggota sejak kuliah sampai saat ini. Kamera yang saya gunakan Olympus Trip 35.